11 Hal Penting yang Wajib Diketahui Peserta SNMPTN 2015

Diposting oleh

11 Hal Penting yang Wajib Diketahui Peserta SNMPTN 2015 - Pengetahuan menjadi faktor utama bagi peserta SNMPTN 2015. Dengan pengetahuan yang lumayan, dia diharapkan sanggup mengikuti proses dengan baik.

Pengetahuan pada SNMPTN terdiri dari perihal yang konseptual sampai yang teknis. Dua hal tersebut sama-sama utama biar pendaftaran berlangsung tidak tersendat.



inilah 11 Hal Penting yang Wajib Diketahui Peserta SNMPTN 2015

1. Nilai Rapor Menjadi Penentu Penting
Sejak 2014, SNMPTN tak memakai seleksi tertulis. Penilaian kepada calon mahasiswa dilakukan dengan nilai rapor dan nilai ujian nasional. Nilai rapor yang dipakai ialah nilai sejak semester 1 hingga semester 5.

Penilaian ini lebih fair. Lantaran, panitia melaksanakan penilaian dengan cara komprehensif selagi mereka menuntut ilmu. Itu berarti, siswa mesti menjaga konsistensi prestasi akademiknya sejak masuk SMA.

2. Piagam Penghargaan Dinilai
Apabila anda mempunyai prestasi di bagian seni atau olahraga, anda butuh upload sertifikat ketika mendaftar SNMPTN 2015. Panitia dapat menghitung bobot prestasi nonakademik tersebut dalam proses seleksi.

Tetapi, tak seluruh piagam dipercaya. Piagam atau sertifikat prestasi yang dipercaya yakni yang cocok jurusan studimu. Apabila terpandai makan kerupuk, kala 17-an di kampung, itu terang tak terakui. Piagam penghargaan yang dipercaya, terendah yakni tingkat Kab.

3. Pastikan Nilaimu Terinput di PDSS
SNMPTN 2015 cuma mempunyai wewenang diikuti oleh siswa yang mempunyai NISN dan nilainya terinput di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Ini syarat penting. Jika nilaimu tak terbaca di PDSS, automatis anda tak sanggup mendaftar.

Nah, anda butuh proaktif mencari info pada sekolah mengenai perkembangan SNMPTN 2015. Anda mampu bertanya pada wali kelas, guru BK, atau cepat terhadap kepala sekolah.

4. Sesudah Terinput, Anda Mesti Validadi PDSS
Seterusnya, anda mesti pastikan apabila nilai yang terinput yaitu benar. Untuk tentukan itu, anda mesti menonton dan selanjutnya memvalidasinya. Bila anda tak jalankan validasi, system dengan cara automatic dapat bakal memvalidasi nilaimu. Menjadi, jikalau ada kekeliru tak mampu diperbaiki lagi.

Biar mampu memvalidasi nilai, sekolah bakal berikan anda semacam pasword utk membuka PDSS. Janganlah lupa diteliti. Jika ada yang keliru, sampaikan pada kepala sekolah.

5. Tak Ada Biaya Apa pun
Semua proses SNMPTN, sejak pengisian PDSS hingga pengumuman hasil, seluruh cuma-cuma. Kalaupun ada anggaran, palin-paling ongkos untuk anda mendaftar di warnet.

6. Universitas tidak mau Menjadi Pilihan Kedua?
Ketika lakukan seleksi, universitas dapat memprioritaskan siswa yang sungguh-sungguh mau kuliah di kampusnya. Artinya, universitas bakal memprioritaskan siswa yang menjadikan kampusnya yang merupakan pilihan mula-mula.

Oleh sebab itu, anda mesti pastikan menjadikan universitas idamanmu ada kepada pilihan perdana.

7. Beda Universitas, Beda Tingkat Persaingan
Walau dilaksanakan dengan cara nasional, persaingan buat masuk PTN berlainan antara universitas satu bersama universitas yang lain. Idealnya sih, anda masuk di universitas yang anda idam-idamkan. Namun, anda serta butuh melaksanakan analisis ketetan persaingan. Kebanyakan universitas miliki data ketetan persaingan SNMPTN tahun dulu yang sanggup anda jadikan referensi.

8. Beda Jurusan, Beda Tingkat Persaingan
Dalam satu universitas, keketatan persaingan antar jurusan pula tidak serupa. Kampus tertentu rata rata miliki jurusan unggulan yang peminatnya membludak. Di satu kampus, rata-rata pula ada jurusan yang justru sepi penggemar.

Di Undip, contohnya, persaingan masuk Fakultas Kedokteran lebih ketat di bandingkan Fakultas Peternakan. Di Unnes, sampel lain, jurusan paling ketat persaingannya ialah Pendidikan Guru Sekolah dasar(PGSD).

9. Bisa Kuliah Gratis, Tidak Dengan Biaya Sepeser pun
Yang menarik, bila orang tuamu kurang dapat membiayai kuliah, sekarang sedia beasiswa Bidikmisi. Dengan beasiswa ini, anda dapat kuliah tidak dengan biaya sepeser juga. Bahkan, anda dapat mampu biaya hidup se besar Rp600 ribu per bulan.

Pengajuan Bidikmisi tak mempengaruhi kesempatan lulus SNMPTN. Artinya, kelulusan SNMPTN murni ditentukan oleh nilai. Adapun seleksi Bidikmisi, murni dilakukan berdasarkan kekuatan eknomi ortu.

10. Waspada Bila Ada Penipu
Hati-hati, walaupun SNMPTN dilakukan dengan cara online, masihlah saja ada orang yang nekat mengaku mampu menopang. Bila ada orang yang mengaku demikian, itu tentu penipu. Lantaran itu, jangan sampai lekas yakin. Laporkan saja terhadap polisi atau panitia SNMPTN setempat.

11. Tak Lulus, Tetap Ada SBMPTN
Jikalau hasilnya anda tak lulus SNMPTN, itu bukan berarti harapanmu untuk kuliah di perguruan tinggi negara pupus. Anda dapat coba lagi memalui jalur Seleksi Dengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Bedanya, dalam SBMPTN, anda mesti membayar sebanyak uang waktu mendaftar. Anda serta butuh lakukan tes tertulis.


Demo Blog NJW V2 Updated at: Kamis, Februari 12, 2015
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.