Universitas Dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak di SNMPTN 2015

Diposting oleh

Universitas Dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak di SNMPTN 2015 - Dengan Cara resmi pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negara(SNM PTN) 2015 ditutup Minggu (15/3) pukul 23.59.

Akhirnya jumlah pelamar mencapai 852.093 orang yang berasal dari 15.317 satuan sekolah di seluruhnya Indonesia. Jumlah pendaftar ini naik seputar 9,5 % di bandingkan SNM PTN masa thn dulu.

Kampus Padjadjaran (Unpad) Bandung jadi universitas bersama jumlah pelamar terbanyak tingkat nasional. Capaian ini disandang Unpad sejak 2012 lalu. Tahun ini jumlah pelamar SNM PTN yang mendaftar ke Unpad mencapai 74.159 pelamar.


Padahal kuota mahasiswa baru Unpad untuk seleksi SNM PTN cuma kira kira 3 ribuan kursi. Menjadi umumnya tingkat persaingannya mencapai 1 : 24. Artinya satu calon mahasiswa beradu dengan 24 calon mahasiswa yang lain.

PTN bersama jumlah pelamar terbanyak di bawah Unpad ialah Kampus Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Panitia mencatat ada 66.748 calon mahasiswa melamar ke universitas yang berbasis di Bulaksumur, Jogjakarta itu.

Sementara itu Universitas Brawijaya (Unibraw/UB) masih kokoh sebagai PTN dengan pelamar terbanyak di jatim seperti tahun-tahun sebelumnya. Keseluruhan jumlah pelamar di universitas yang berbasis di Malang ini mencapai 64.653 orang.

PTN dengan pelamar ternyak kedua di Jawa Timur merupakan Universitas Negeri Malang (UM) dengan jumlah pendaftar 44.228 orang. Selanjutnya disusul Universitas Negeri Surabaya (41.777 pelamar) dan Kampus Airlangga (36.647 pelamar).

Koordinator Kelompok Kerja Humas Panitia Nasional SNM PTN 2015 Bambang Hermanto mengemukakan, peta sebaran PTN bersama peminatan paling atas hampir tak beralih. Ia pula mengaku bersyukur target panitia untuk menguber jumlah pelamar minimal sama bersama tahun lalu sukses dicapai.

Walau rangkaian pendaftaran telah ditutup, Bambang menyampaikan tetap ada satu lagi kewajiban pelamar SNM PTN. Adalah menginput No. ujian nasional (NUN) di web pendaftaran SNM PTN.

Pengisian NUN itu utama sebab jadi syarat pencetakan card peserta SNM PTN. "Jangan hingga salah dan terlambat menginput NUN," jelasnya tempo hari. Proses input NUN sekaligus pencetakan kartu peserta SNM PTN 2015 di buka pada 14 " 28 April.

Sementara itu Bambang serta menyampaikan sejak mulai tumbuhnya partisipasi sekolah dalam SNM PTN di kawasan Indonesia sektor timur.

Peningkatan ini diantaranya ada di propinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Papua, Maluku Utara, NTT, dan Maluku. Bambang menjelaskan peningkatan partisipasi ini terkait dengan pendampingan intensif dari panitia di masing-masing PTN ke sekolah atau Lembaga pendidikan.


Demo Blog NJW V2 Updated at: Selasa, Maret 17, 2015
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.