Biaya Kuliah Semua Jalur di PTN Masuk Sama

Diposting oleh

Biaya Kuliah Semua Jalur di PTN Masuk Sama - Umumnya, ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang bisa dipilih calon mahasiswa, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan serta jalur mandiri. Meski demikian, uang kuliah tunggal (UKT) yang dibebankan kepada mahasiswa dari ketiga jalur tersebut sama besar.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menjelaskan, tidak ada perbedaan besaran UKT dari ketiga jalur masuk tersebut. "Yang membedakan hanya prodi dan kelompok UKT berdasarkan kemampuan finansial calon mahasiswa," ujar Rochmat, belum lama ini.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Humas Universitas Gadjah Mada (UGM), Wijayanti. Beban UKT ditentukan oleh pilihan prodi dan kondisi keuangan orangtua/wali mahasiswa.

"Jadi sistemnya berkeadilan. Mahasiswa yang tidak mampu tidak akan dibebankan dengan biaya yang besar," tambahnya.

Pemerintah sendiri sudah mengatur dasar penetapan UKT bagi seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) Tanah Air dalam Permendikbud Nomor 55 Tahun 2013. Ciri khas UKT adalah, adanya pengelompokan pembayaran yang harus dipenuhi mahasiswa.

Karena itulah, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk melaporkan data kondisi ekonomi keluarga mereka saat melakukan registrasi dan pendaftaran ulang di kampus tujuan. Dengan begitu, kampus bisa membebankan UKT sesuai kemampuan finansial orangtua/wali mahasiswa. (source : Okezone)


Demo Blog NJW V2 Updated at: Rabu, Juni 17, 2015
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.